Sunday, December 14, 2008

Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2008, Event Dunia Yang Minim Promosi


Terlepas dari prestasi Indonesia yang memuaskan, tampaknya event Internasional yang satu ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah maupun pelaku pariwisata di Bali. Benar-benar jauh dari hingar bingar Asian Beach Games yang hanya berkutat di level Asia.
Memprihatinkan, itulah yang bisa saya katakan pada pelaksanaan event kali ini. Bagaimana tidak, jangankan mempromosikan keluar negeri, di dalam negeri saja khususnya di Bali gaungnya hampir tidak terdengar. Ini sangat jelas tampak jika kita menuju ke arah Nusa Dua tempat berlangsungnya kejuaraan, tidak satupun spanduk event ini terlihat. Yang tampak justru bendera parpol dan baliho-baliho caleg bermuka "narsis" yang memelas minta dukungan. Tidak diketahui apa penyebab kurangnya greget pemerintah dalam hal ini. Apakah karena level kejuaraannya hanya tingkat junior (di bawah 18 tahun)? atau olahraganya kurang populer? Jika alasannya karena levelnya tentu kurang tepat, karena anak-anak remaja yang datang berlaga mempunyai kemampuan luar biasa. Kalau olahraganya dibilang kurang populer, hampir semua negara di dunia sudah memiliki pengurus besar Wushu. Belum lagi komunitas penggemar seni beladiri tersebar di seluruh Eropa dan Amerika.
Semestinya dalam rangka tahun kunjungan Indonesia di tahun 2008 ini semua potensi harus digarap maksimal untuk mendatangkan wisatawan sesuai target yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment